Ciri – ciri Batu kalimaya yang asli serta jenis- jenis nya

Ciri – ciri dan jenis Batu kalimaya yang asli

Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang بِسْــــــــــــــمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْـــــمِ

Anda punya kalimaya, tapi penasaran asli atau tidak ? Atau baru mau hunting kalimaya? Yuk Lanjutkan baca, silahkan disimak dibawah ini.  Batu kalimaya yang sering disebut dengan batu opal ini sebenarnya banyak di wilayah banten, tetapi untuk batu mulia yang karatnya tinggi jarang ditemukan di Indonesia karena batu opal yang karatnya tinggi biasanya berasal dari Australia.

Namun, banyak juga penjual batu mulia yang menjual batu kalimaya tiruan yang lebih sering disebut dengan dublet. Tujuannya tentunya adalah untuk meraup keuntungan yang sebesar-besarnya.

Batu kalimaya banten biasa disebut batu opal berupa sangat cantik. Warna batu opal ini sebenarnya adalah putih bersinar tetapi ada warna-warna lain yang terpancar dari dalamnya sehingga tampak seperti pelangi. Untuk harga berkisar dari 200 ribu sampai jutaan rupiah. Tergantung jenis dan dimensinya. Berikut ciri-cirinya :

1. Kalimaya  memiliki tingkat kekerasan rendah, hanya mencapai 6.5 skala mohs saja. Sehingga kalimaya asli memang agak getas dan mudah pecah. Pengrajin sangat berhati-hati mengerjakan kalimaya ini.

image
Tampak sedang mengukur tingkat kekerasan kalimaya

2. Kalimaya asli tidaknya dapat dilihat pada teksturnya. Kalimaya asli memiliki tekstur kaya serat baik di permukaan maupun di dalam. Terutama jika dilihat memakai alat khusus seperti kaca pembesar (loupe).

image
Tampak kalimaya dengan ornamen kaya serat di dalam daging batunya

3. Kalimaya asli memiliki permukaan yang sangat licin dan halus, sehingga ketika terkena cairan seperti minyak atau cat, saat diusap tidak akan meninggalkan bekas di atas permukaannya.

image
Dapat dilihat permukaan kalimaya yang licin dan halus

4. Kalimaya asli punya massa yang lebih terasa berat jika dibandingkan dengan batu permata palsu atau sintetis.

image
Massa jenis kalimaya harus diukur dengan alat khusus

image
Contoh berat jenis kalimaya

5. Kalimaya asli tidak akan berubah ketika terkena api dan akan kembali berada pada suhu yang dingin dalam waktu singkat.

image
Tampak kalimaya sedang di tes bakar menggunakan korek api

6. Kalimaya asli memiliki harga yang cukup tinggi. Dimensi kecil saja harganya bisa mencapai jutaan rupiah. Jadi jika anda ditawari kalimaya tapi berharga murah memang layak untuk dipertanyakan. Walaupun harga murah bukan merupakan satu2nya jaminan. Karena bisa saja anda ditipu oleh penjual. Dengan kualitas yang ditawarkan serta tingginya permintaan dari luar negeri, membuat harga batu akik kalimaya semakin meningkat. Konsumen dari berbagai negara seperti Malaysia, Korea, Jepang dan Amerika juga banyak berburu batu akik kalimaya tersebut. Sampai saat ini harga untuk batu akik kalimaya asli super dengan warna yang sudah berkembang bisa mencapai kisaran paling rendah Rp 300 ribu sampai dengan Rp 50 juta.

image
Contoh penjualan kalimaya di dunia online

Berikut ciri-ciri serta penampakan batu kalimaya yang asli :

image
Tampak penampakan kalimaya asli

Batu kalimaya asli, tampilannya tidak terlalu kinclong dan cenderung buram seperti teh. Apabila ada kalimaya yang terlalu kinclong, patut dicurigai kalo kalo batu tersebut non asli.

image
Tampak hasil lab kalimaya menunjukkan natural opal

Batu kalimaya apabila di cek di laboratorium maka hasil yang keluar adalah natural opal.

image
Pendaran cahaya kalimaya

Pendaran atau pantulan cahaya kalimaya asli justru tidak terlalu menyolok, pendarannya halus. Hanya akan berpendar jika di kenai sinar ( disorot, disenter dsb) barulah keluar pelanginya. Jadi jika ada kalimaya yang belum disinari cahaya sudah berpelangi, maka patut dicurigai kalimaya tersebut sintetis.

image
Kalimaya bercahaya soft

Gambar diatas menunjukan lebih detail lagi yang menjadi penampakan batu kalimaya yang asli. Berwarna seperti teh, dengan pendaran yang kalem dan pelanginya cenderung soft.

contoh penampakan kalimaya palsu

image
Kalimaya palsu terlihat terlalu mengkilat

Kalimaya palsu terlihat cenderung terlalu menyolok, dan pelanginya terkesan tidak natural.

image
Kalimaya palsu terlalu kinclong pelanginya

Contoh diatas adalah kalimaya palsu yang berwarna terlalu mencolok mata dan tidak lembut pendarannya.

Jenis jenis batu kalimaya

1. Batu Kalimaya Kristal

image
Kalimaya kristal

Jenis batu kalimaya ini mungkin dapat dikatakan sebagai jenis batu kalimaya yang paling mudah ditemukan dan digunakan oleh banyak orang, jenis batu kalimaya ini tidak memiliki dasar warna atau bening namun tetap memiliki cirikhas kilauan warna pelangi cantik yang beragam.

2. Batu Kalimaya Kristal Air Kelapa

image
Kalimaya air kelapa

Berbeda dengan batu kalimaya di atas yang cenderung bening, jenis batu kalimaya ini memiliki warna dasar yang sama seperti air kelapa dan cenderung berwarna seperti susu, dan tentunya tetap memiliki bias warna-warni seperti pelangi jika terkena cahaya.

3. Batu Kalimaya Kristal Teh

image
Kalimaya teh

Lain lagi dengan yang satu ini, jenis batu kalimaya kristal ini memang memiliki warna dasar cokelat transparan layaknya warna air teh, dimana jenis batu kalimaya ini juga masih tetap memiliki bias warna yang beragam jika terkena cahaya layaknya batu kalimaya lainnya.

4. Batu Kalimaya Black Opal

image
Kalimaya black opal

Dan berbeda dengan batu kalimaya lainnya tadi yang cenderung transparan seperti kristal, batu kalimaya black opal ini memang memiliki warna dasar hitam pekat yang memang cenderung gelap, namun tetap batu kalimaya ini juga memiliki bias warna pelangi yang cantik dan beragam.

Penjelasan di atas adalah sedikit ulasan mengenai macam macam jenis batu kalimaya yang telah kita ketahui bersama.

Demikian di atas tadi adalah sekelumit tentang batu kali maya yg asli dan jenis jenisnya. Semoga bermanfaat. آمِيّنْ …آمِيّنْ … يَآرَبَّ الْعَلَمِيّنْ ..

image

Posted from WordPress for Android

3 thoughts on “Ciri – ciri Batu kalimaya yang asli serta jenis- jenis nya”

Leave a comment